Kamis, 25 Juni 2015

7 Tips Merawat Smartphone Layar Sentuh Agar Tahan Lama

Smartphone, sebuah ponel pintar dengan berbagai aplikasi di dalamnya sangat digandrungi akhir-akhir ini, mulai dari anak yang baru beranjak remaja, anak-anak muda hingga orang tua. Kemampuannya yang dapat menunjang aktivitas browsing dan membantu dalam beberapa pekerjaan seperti menyimpan dokumen dan mengatur jadwal, hingga sebagai sarana hiburan dengan berbagai games di dalamya, membuat smartphone semakin populer dan hampir semua orang telah memilikinya.

Smartphone sendiri memiliki berbagai macam bentuk dan sistem operasi yang berbeda, kebanyakan dengan layar sentuh, bahkan belakangan ini muncul berbagai merek dengan kualitasnya masing-masing. Meskipun smartphone mudah didapat, namun tetap tetap mengoyak kantong ketika rusak atau bermasalah. Maka dari itu, kita perlu merawat smartphone yang kita miliki agar bisa awet dan tahan lama, terutama untuk smartphone dengan moddel layar sentuh.


Berikut uraian beberapa tips merawat smartphone layar sentuh agat tahan lama, yang terbukti ampuh dan mudah untuk dilakukan. Jika dilakukan dengan rutin tips tersebut akan membantu Anda dalam menjaga isi kantong Anda.

1. Rutin Membersihkan Layar Smartphone

Smartphone dengan layar sentuh mudah terlihat kusam dan kotor akibat debu yang menempel. Rutinlah membersihkan layar dengan menggunakan tisu atau kain lembut agar layar tetap bersih dan awet.

2. Hindari Mencharger Baterai dalam Keadaan Panas

Baterai yang panas karena digunakan untuk bermain game atau aplikasi lainnya sebaiknya dibiarkan dingin dahulu sebelum dicharger. Hal ini bertujuan untuk menjaga kualitas baterai.

3. Jangan Tekan Layar Menggunakan kuku

Kuku yang bersifat keras dapat membuat layar menjadi tergores dan lecet, hal tersebut tentu akan menurunkan kualitas layar. Selalu gunakan jari untuk menekan layar.

4. Jangan Gunakan Smartphone Ketika Sedang Proses Charging

Menggunakan  smartphone saat sedang dicharger hanya akan menurunkan kualitas baterai dalam mengisi daya. Jika hal tersebut dilakukan apalagi terus menerus maka baterai akan cepat panas dan akhirnya rusak (ditandai dengan baterai yang menggembung).

5. Charger Baterai Saat Daya Menunjukkan 10-20%

Hal ini  bertujuan agar baterai tidak cepat drop. Selalu perhatikan waktu mencharger, dan pastikan segera mencabut charger setelah baterai penuh.

6. Gunakan Pelindung Layar dan Pelindung Smartphone

Pelindung layar seperti anti gores dan casing sebagai pelindung bodi smartphone sangat membantu dalam menjaga keawetan smartphone. Anti gores dapat melindungi layar dari gesekan dan casing melindungi smartphone dari benturan atau terjatuh.

7. Jauhkan dari Benda Tajam dan Medan Magnet

Benda tajam di sekitar smartphone bisa saja merusak tanpa sengaja, baik pada layar maupun komponen lain yang penting dalam smartphone. Benda yang memiliki medan magnet juga berdampak buruk jika didekatkan dengan smartphone. Medan magnet dapat menurunkan sensitivitas layar, biasanya terdapat pada benda elektronik.

Demikian tips merawat smartphone layar sentuh agar tahan lama. Semoga tips tersebut mudah dipraktekkan dan semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan berkomentar dengan santun, tidak mengandung link aktif, tidak berbau SARA dan pornografi, tidak saling mengejek dan menghina. komentar yang melanggar ketentuan tersebut akan dihapus. terima kasih..