Jumat, 24 Juli 2015

10 Kriteria Website yang Baik

Website merupakan halaman yang memuat berbagai informasi dan pengetahuan baik berupa teks, gambar, audio maupun video. Banyak orang bisa membuat website, namun tidak semua bisa membuat website yang baik dan bermanfaat. Adakalanya sebuah website terlihat begitu ramai namun setelah dilihat isinya kurang berbobot, namun ada pula website yang isinya sangat bermanfaat walau dengan tampilan sederhana. Lihat Pentingnya Website dalam Bisnis Online.


Untuk bisa membuat website yang baik, setidaknya ada 10 kriteria yang harus diperhatikan. Berikut 10 kriteria website yang baik.

1. Membuat Kesan yang Baik

Beranda atau halaman depan haruslah bersifat user friendly. Usahakan buat halaman depan yang menarik begitu pula dengan navigasinya. Bila pengunjung terkesan mereka akan mengunjungi website Anda kembali.

2. Nama Situs Mudah Diingat

Nama situs yang mudah diingat akan membantu pengunjung untuk kembali lagi ke website. Nama ang baik setidaknya berhubungan dengan tema website atau tujuan website tersebut dibuat.

3. Konten Blog

Blog atau website yang baik harus berisi konten yang baik pula. Tulislah isi website sesuai dengan gaya Anda sendiri, biarkan tulisan mengalir dengan sendirinya. Jangan pernah paksakan tulisan Anda mengikuti gaya tulisan orang lain agar terlihat profesional, karena tulisan yang dipaksakan tidak akan membuat pembaca merasa nyaman.

4. Waktu Loading yang Cepat

Website yang terlalu lama loading akan membuat pengunjung risih dan akhirnya meninggalkan website kita, bahkan enggan untuk kembali lagi. Usahakan tidak menggunakan foto dengan ukuran yang besar, pemutar musik otomatis maupun gambar yang terlalu banyak, karena hal tersebut akan memperlambat loading website.

5. Menulis dengan Bercerita

Tulisan di website dengan gaya bercerita akan membuat pengunjung merasa seperti diajak mengobrol dan biasanya mereka akan lebih betah berlama-lama di website. Biarkan tulisan mengalir dan usahakan tulisan bersifat komunikatif.

6.  Tidak Memuat Halaman Antara

Halaman antara merupakan halaman yang ditampilkan sebelum halaman utama. Halaman antara biasanya sangat mengganggu dan pengunjung yang menjumpai website seperti ini biasanya akan segera meninggalkan website tersebut. Salah satu contohnya adalah ucapan selamat datang ataupun iklan yang sangat mengganggu.

7. Update Website Setiap Hari

Website yang diupdate setiap hari memiliki nilai lebih karena kontennya akan selalu fresh setiap hari. Pengunjung yang setia akan semakin betah karena mereka mendapatkan informasi baru secara rutin. Jangan lupa, update harus berisi konten yang bermutu.

8. Design yang Menarik

Website dengan design yang menarik akan membuat pengunjung merasa nyaman dan betah berlama-lama berkunjung. Design yang menarik haruslah cantik, komunikatif dan memenuhi visi misi dari tema website.

9. Menampilkan Identitas yang Jelas

Penampilan identitas penulis di website akan menunjukkan bahwa website yang dibuat memang memiliki pemilik yang jelas, juga bermanfaat untuk mempromosikan keahlian Anda seperti motivator, guru, dll. Pengunjung akan merasa percaya dengan website dan merasa jelas dengan penulis, sehingga bisa terjalin komunikasi yang baik antara penulis dengan pengunjung.

10. Gunakan Bahasa yang Dikuasai

Jika website dibuat dengan target pengunjung orang Indonesia, maka gunakanlah bahasa Indonesia yang baik dan benar agar Anda lihai dalam menulis. Bahasa yang tidak dikuasai akan menyulitkan penulis dalam mengisi konten websitenya.

Demikian 10 kriteria website yang baik telah selesai dijabarkan. Alangkah bermanfaatnya artikel tersebut bila dapat dipraktekkan bagi pembaca sekallian. Semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan berkomentar dengan santun, tidak mengandung link aktif, tidak berbau SARA dan pornografi, tidak saling mengejek dan menghina. komentar yang melanggar ketentuan tersebut akan dihapus. terima kasih..