Senin, 01 Juni 2015

10 Cara Kreatif Mencari Ide Menulis Blog

Sebuah blog entah itu blog sederhana dari seorang pemula atau blog keren dari blogger profesional pastilah menginginkan banyak pengunjung yang datang. Pengunjung blog biasanya mencari artikel atau informasi yang dapat membantu mereka menemukan solusi terhadap masalah yang sedang mereka hadapi. Untuk mendapatkan banyak pengunjung tentu seorang blogger akan mengandalkan konten-konten berkualitas dan berlimpah yang dapat mengisi blog. Sayangnya, tidak setiap saat para blogger bisa menghasilkan konten yang bagus, bisa karena sedang tidak mood atau sedang buntu ide. Padahal dalam membuat konten artikel yang bagus seorang blogger harus memiliki ide-ide yang tidak terbatas.


Pada kesempatan ini saya akan mengupas tuntas bagaimana seorang blogger tidak sampai buntu ide dan berikut 10 cara kreatif mencari ide menulis blog agar blog bisa terus hidup dalam jangka waktu yang lama.

1. Banyak Membaca Buku dan Media Cetak
Buku adalah jendela ilmu, banyak baca banyak tahu. Kata-kata tersebut memang sangat tepat dalam menggambarkan manfaat dari membaca. Buku memungkinkan seseorang memperluas wawasan dan belajar sesuatu secara otodidak tanpa tutor. Selain menambah wawasan, buku juga bisa menjadi sumber inspirasi untuk menulis atau membuat sesuatu. Media cetak juga berperan dalam memberi inspirasi, dari sana kita bisa mengangkat topik yang sedang hangat dibicarakan.

2. Membuka Buku Harian Pribadi
Buku harian pribadi berisi pengalaman baik menyenangkan maupun menyedihkan. Saat kita membuka kembali lembaran-lembaran masa lalu ataupun coretan harapan dan cita-cita baik yang sudah terwujud atau belum, kita bisa mendapat inspirasi menulis dari sana. Bisa saja kita menulis pengalaman menyedihkan dan cara kita mengatasinya, atau hal menyenangkan seperti saat menjadi juara dan cara untuk menggapainya. Bisa juga menuangkan perjalanan hidup kita menjadi bentuk cerpen yang dikembangkan dari imajinasi masing-masing.

3. Membahas Masalah Kesehatan
Tak ada salahnya sesekali mengupas masalah kesehatan di blog. Pengunjung biasanya sangat tertarik dengan hal berbau kesehatan. Bisa saja membahas masalah kesehatan anak, ibu hingga lansia. Berikan solusi jika seseorang terkena sakit tertentu di rumah dan cara merawat si sakit, atau bangaimana cara mengatur pola hidup sehat. Jangan lupa sisipkan gambar yang mendukung agar terlihat indah.

4. Mengupas Hobi yang Menarik
Setiap orang pasti punya hobi tersendiri yang unik dan menarik untuk mengisi waktu senggang. Seorang blogger dapat membahas hobi yang dimilikinya atau hobi-hobi unik dari berbagai bidang di berbagai belahan dunia. Ada banyak artikel yang mengupas hobi bermain roller coster, memanjat tempat-tempat tinggi hingga hiking ke puncak gunung. Semuanya bisa dituangkan dalam artikel yang menarik.

5. Mengenal Adat Istiadat dan Budaya Daerah Setempat
Indonesia terdiri dari banyak pulau dan suku bangsa, yang tentunya melahirkan beragam adat dan budaya yang berbeda. Banyak belajar dan memahami budaya daerah akan menambah wawasan dan semangat mencintai warisan budaya lokal. Wawasan mengenai budaya ini bisa dituangkan dalam tulisan dan dibagikan dalam blog. Tak jarang orang-orang mencari informasi mengenai adat dan budaya dari berbagai suku bangsa di Indonesia.

6. Berlangganan Newsletter
Banyak situs perusahaan, klub, maupun organisasi yang menerbitkan newsletter yang memberikan informasi menarik dan terbaru kepada anggota maupun pelanggan mereka. Dengan berlangganan newsletter  kita bisa mendapat berita terbaru yang dapat memberi ide untuk menulis di blog.

7. Jalan-jalan atau Jogging
Saat kita keliling entah untuk jalan-jalan melepas suntuk atau agenda jogging yang rutin dikerjakan, kita akan menemukan hal baru di sekitar kita yang bisa saja hal tersebut unik dan terjadi tanpa disengaja. Atau bisa saja ada kejadian-kejadian aneh hingga ekstrem tiba-tiba saja terjadi saat kita melintas. Hal tersebut merupakan saat yang tepat untuk mendapatkan ide dan mulailah menulis di blog saat sampai di rumah.

8. Membuat Artikel yang Berisi Definisi tentang Berbagai Bidang
Setiap bidang ilmu pasti terdapat kata-kata yang sulit dipahami apalagi jika yang membacanya orang yang awam dengan ilmu tersebut. Sebagai contoh, jika Anda sangat menguasai bidang teknik komputer Anda bisa mengupas deretan istilah penting tentang komputer. Anda bisa menggunakan kamus online sebagai rujukan agar artikel Anda lebih berbobot.

9. Mempromosikan Produk Orang lain
Ada dua keuntungan yang didapat dengan cara ini. Pertama, saat Anda kehabisan ide untuk menulis di blog, Anda dapat membuat review dan mempromosikan produk orang lain yang telah Anda kenal dan telah terjadi kesepakatan sebelumnya. Maka blog Anda akan terus terisi. Kedua, jika terjadi penjualan melalui blog Anda maka Anda akan mendapat komisi penjualan yang tentu saja bisa mengisi dompet.

10. Melihat Video Populer di Situs Youtube
Saat kita kehabisan ide, tak ada salahnya melihat-lihat video yang sedang populer di youtube. Terkadang dengan melihat video kita bisa mendapat ide untuk menulis. Bisa juga setelah menonton video hingga selesai kita buat ulasan mengenai video, jangan lupa sertakan juga video tersebut di blog kita. Atau jika kesulitan dalam menyertakan video, kita bisa menyertakan link video tersebut.

Demikian 10 cara kreatif mencari ide menulis blog yang wajib diketahui. Terkadang mendapatkan ide baru tidak sesulit yang Anda bayangkan. Hanya perlu sedikit aktivitas tambahan dan ide-ide baru akan bermunculan.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan berkomentar dengan santun, tidak mengandung link aktif, tidak berbau SARA dan pornografi, tidak saling mengejek dan menghina. komentar yang melanggar ketentuan tersebut akan dihapus. terima kasih..