Sabtu, 25 Juli 2015

Istilah Bahasa di Medan yang Unik

Banyak orang mengira kalau di Medan itu identik dengan suku Batak, padahal kenyataannya tidak demikian. Di Medan terdapat banyak suku yang bercampur baur seperti suku Melayu, Batak, Jawa, Minang, Aceh, India, Cina dsb. Suku Batak sendiri tidak mendominasi Kota Medan seperti yang kebanyakan orang pikir, karena bahasa di Medan telah bercampur baur dari berbagai suku tersebut.


Bahasa Medan sendiri bukanlah bahasa asli maupun bahasa Indonesia yang baik dan benar karena telah terjadi akulturasi budaya dan bahasa sehingga muncul bahasa Medan dengan istilah yang terdengar aneh dan unik di telinga masyarakat di luar kota Medan. Mau tau apa saja yang unik dari bahasa di Medan? Yuk simak beberapa istilah bahasa di Medan berikut ini yang terkesan unik.

1. Pajak vs Pasar

Kalau biasanya orang menyebut tempat berbelanja adalah pasar, di Medan di sebut pajak. Karena di Medan pasar adalah jalanan aspal lintasan kendaraan.

2. Motor vs Kereta

Ini menjadi hal yang unik jika orang yang berkunjung ke Medan berbicara dengan orang Medan. Di Medan kereta adalah sepeda motor  dan motor/montor adalah mobil. Pernah ada temen dari Jakarta yang kaget waktu aku bilang mau menjemputnya di terminal naik kereta. Dia mengira aku naik kereta api padahal di sekitar terminal tidak ada stasiun kereta api. Setelah aku jelaskan baru dia mengerti. hahahaha

3. Antara Pantai dan Laut

Secara harfiah yang namanya pantai adalah tempat wisata air yang terhubung ke laut. Nah, kalau di Medan  Sungai juga disebut pantai asalkan sungai tersebut bisa dimanfaatkan sebagai wisata air. Aneh kan?

4. Istilah Betor di Medan

Secara umum masyarakat Indonesia mengenal becak dengan sebutan betor atau becak bermotor. Nah kalau di Medan becak memiliki dua sebutan, yaitu becak dayung jika menggunakan sepeda dayung dan becak mesin jika menggunakan mesin motor untuk menjalankannya. Makanya kalau mau naik becak di Medan jangan bilang betor karena orang Medan kurang mengerti.

5. Sebutan Ayah dan Ibu

Di Medan, sebutan untuk ayah adalah bos cowok. Sedangkan sebutan untuk ibu adalah bos cewek. Tapi jangan sebutkan panggilan ini di depan orangtua kalian ya.


Istilah2 plesetan yg sering digunakan di Medan

  • Bandung=Bandar selamat ujung, Jl. Letda Sudjono ke arah Tembung
  • Amsterdam=Amplas masuk ke dalam, seputaran terminal Amplas
  • KL=Kampung lalang
  • Maryland=Marelan
  • WTC : WILAYAH TEMBUNG CITY
  • MEKSIKO : MEDAN SIMPANG KOLAM
  • Malaysia Barat=Mabar
  • SWISS=Sekitar Wilayah Sunggal
  • Turki=Tuntungan Belok Kiri
  
Istilah2 plesetan yg sering digunakan di Medan

Rusak Kali = Parah Banget
Jumpa tengah, bertemu di tempat netral
Belanda = pelit. "Jadi orang jangan belanda kali.
Tumbang=sakit
Tecampak=jatuh,tercecer
Pokok=pohon
Dongkrak=tusuk gigi
Orang rumah= istri/suami, "apa cerita orang rumah kau, sehat kan?" = Apa kabar istrimu, sehat2saja kan?
Kacau (kaco)=aduk
Gol=masuk penjara
Gerak=berangkat
Terotak=Terngiang,menjadi pikiran
Suges=sugesti gitu lah, menjadi terpengaruh pikiran,hilang kesadaran
Digilakkan=Dibuat kesal
 

Uniknya, Medan terkenal dengan oleh-olehnya yang khas yaitu bika ambon. Padahal di Ambon sendiri gak ada tuh dijual kue bika. Tapi tau gak kalau orang Medan sendiri jarang mengkonsumsinya. Biasanya boka ambon memang dibeli khusus sebagai oleh-oleh atau buah tangan jika berkunjung ke rumah sanak saudara. Medan juga terkenal dengan kulinernya yang menggugah selera. Siapapun yang datang ke Medan pasti akan mencicipi kuliner di Medan.

Demikian istilah bahasa di medan yang unik dan lucu telah diuraikan. Yang pasti masih banyak banget istilah lain yang belum aku sebutin. Jika berkenan agan2 sekalian bisa menambah istilah lainnya di kolom komentar. Terima kasih.

(Dari berbagai sumber)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan berkomentar dengan santun, tidak mengandung link aktif, tidak berbau SARA dan pornografi, tidak saling mengejek dan menghina. komentar yang melanggar ketentuan tersebut akan dihapus. terima kasih..