Rabu, 15 Juli 2015

Tips Perawatan Kulit Wajah dengan Jeruk Nipis

Wajah merupakan area yang sangat penting bagi setiap orang khususnya perempuan. Berbagai upaya dilakukan agar kulit wajah terlihat sehat, segar dan cerah, termasuk menggunakan kosmetik berbahan kimia. Padahal tidak semua kosmetik yang beredar di pasarana aman digunakan, karena banyak kasus yang terjadi setelah memakai beberapa produk tertentu kulit wajah mengalami iritasi bahkan luka serius. Kalaupun kosmetik tersebut aman biasanya akan membuat ketergantungan bagi pemakainya. Alih-alih mendapatkan kulit putih dan cerah malah harus merasakan perih di kulit wajahnya. Padahal kalau ditelaah lagi, banyak kandungan alami dari beberapa buah terbukti ampuh untuk merawat kulit wajah tanpa iritasi dan efek samping yang menakutkan. Salah satu buah yang terbukti mampu merawat kulit wajah adalah jeruk nipis.

Ya, jeruk nipis, si buah kecil yang banyak manfaatnya. Jeruk nipis memiliki kandungan vitamin C sebagai antioksidan, zat besi, kalsium, fosfor, mineral, karbohidrat, asam sitrun, asam sitrat, asam amino, serta minyak atsiri yang terbukti ampuh dalam merawat kulit wajah. Jadi, jeruk nipis tidak hanya dimanfaatkan di dapur ataupun mengobati beberapa penyakit tapi juga berperan penting dalam hal kecantikan. Kalau kosmetik gembar-gembor mengandung vitamin C yang ternyata diproses secara sintetis, kita bisa memperolehnya secara alami dari jeruk nipis.


Karena kaya kandungan yang terbukti dapat merawat kulit wajah, berikut beberapa manfaat yang dapat diambil dari jeruk nipis untuk kulit wajah Anda.
1. Menghaluskan dan mengencangkan kulit wajah
2. Mencerahkan dan memutihkan kulit wajah
3. Menghilangkan komedo
4. Mengurangi flek hitam dan jerawat
5. Mengurangi kulit wajah yang kusam
6. Mengangkat sisa kosmetik di kulit wajah
7. Mengencangkan kulit wajah
8. Mengatasi kulit berminyak
9. Mengangkat sel kulit mati

Nah, banyak banget kan manfaatnya? Untuk merasakan manfaat jeruk nipis tersebut kita bisa membuat masker dari jeruk nipis yang bisa dipakai secara rutin minimal 3 kali seminggu. Berikut ini beberapa resep untuk membuat masker sebagai perawatan alami kulit wajah Anda dengan jeruk nipis.

1. Mengencangkan dan Melembabkan Kulit Wajah
Siapkan satu sendok madu, campurkan dengan air perasan jeruk nipis lalu tambahkan sedikit minyak zaitun. Aduk campuran tersebut dan oleskan ke kulit wajah. Diamkan selama 20-30 menit, bilas dengan air hangat untuk membersihkan sisa masker pada wajah lalu bilas lagi dengan air dingin untuk mengecilkan pori-pori kulit wajah.

2. Menghaluskan Kulit Wajah
Sediakan susu segar secukupnya lalu tambahkan empat sendok teh air perasan jeruk nipis. Setelah diaduk dan susu menggumpal, celupkan kapas khusus wajah dan oleskan pada wajah. Diamkan selama 20-30 menit hingga masker menyerap ke dalam kulit. Bilas wajah dengan air hangat lalu bilas kembali dengan air dingin agar pori-pori mengecil.

3. Mencerahkan Kulit Wajah
Satu buah jeruk nipis dibelah dua, lalu oleskan secara perlahan pada kulit wajah secara merata. Diamkan selama 20 menit lalu bilas menggunakan air dingin.

4. Mengatasi Kulit Wajah yang Berminyak
Ambil satu ruas kunyit lalu parut. Campurkan satu sendok teh madu dan setengah sendok air jeruk nipis kemudian aduk. Setelah wajah dibersihkan, oleskan masker tersebut secara merata pada wajah dan diamkan selama 20-30 menit. Bilas dengan air hangat lalu bilas kembali dengan air dingin. Lakukan minimal 1 kali seminggu untuk mendapatkan hasil yang diinginkan.

Nah, dengan beberapa tips perawatan kulit wajah dengan jeruk nipis tersebut kita bisa mendapatkan kulit wajah yang cerah dan sehat secara alami. Selamat mencoba!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan berkomentar dengan santun, tidak mengandung link aktif, tidak berbau SARA dan pornografi, tidak saling mengejek dan menghina. komentar yang melanggar ketentuan tersebut akan dihapus. terima kasih..